Pengertian scanner

Pengertian Scanner, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Pengertian scanner adalah salah satu alat yang memiliki fungsi penting untuk menggandakan dokumen atau berkas. Alat ini biasa ditemukan di perusahaan.

Penemuan manusia dalam bidang teknologi selalu menjadi pusat perhatian. Banyak sekali perangkat yang ditemukan untuk memudahkan beragam pekerjaan, contohnya adalah scanner. Pengertian scanner secara sederhana adalah sebagai alat untuk menggandakan dokumen atau berkas.

Scanner memungkinkan pengguna untuk memiliki cadangan berkas dalam versi digital. Berkas sendiri sudah menjadi hal yang tak bisa dipisahkan, sehingga alat elektronik ini memiliki peran yang sangat penting.

Pengertian Scanner

Scanner sebenarnya memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh dengan mesin fotocopy. Pengertian scanner adalah salah satu alat yang digunakan untuk menggandakan suatu objek menjadi bentuk digital.

Alat ini mampu menggandakan objek dengan bantuan sensor cahaya yang ada di dalamnya. Sensor ini mampu mendeteksi beragam struktur, gambar, dan tulisan dari objek yang kemudian dikirimkan ke komputer dengan bentuk digital.

Scanner sendiri memiliki bentuk dengan ukuran yang bervariasi, ada yang seukuran kertas folio ataupun postcard.  Bahkan yang terbaru ada yang memiliki bentuk pena, dimana scanner ini diproduksi oleh WizCom Technologies Inc. Scanner ini bisa menyimpan hingga 1.000 halaman atau bahkan lebih.

Fungsi Scanner

Fungsi scanner memang tak terlepas kaitannya dengan berbagai dokumen atau berkas. Adapun fungsi-fungsinya secara lebih spesifik, yaitu:

  • Duplikat Dokumen. Fungsiscanner yang utama memang untuk menduplikat berkas yang dimana ekstensinya terancam oleh berbagai hal yang akan menyerang kondisi fisik dokumen.
  • Dokumentasi. Scanner bisa digunakan untuk mendokumentasikan ataupun menyimpan suatu dokumen yang sangat penting.
  • Pengamanan Berkas. Dokumen fisik sangat rawan mengalami berbagai risiko seperti rusak, terkena air dan lainnya. Dengan scanner maka berkas tersebut bisa diamankan dengan bentuk digital.
  • Pengelolaan Berkas. Pengelolaan dokumen fisik memang sangat susah dan beresiko. Namun dengan scanner maka bisa dikelola dan nantinya siap untuk digunakan kapan saja.

Cara Menggunakan Scanner

Setelah mengetahui pengertian scanner dan fungsinya, maka penting juga untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya. Berikut ini adalah cara menggunakan scanner secara umum menggunakan microtex:

  • Scanner dan komputer atau laptop harus dalam kondisi terhubung dan menyala.
  • Siapkan dokumen atau gambar yang ingin di scan.
  • Jika sudah, maka buka penutup scanner.
  • Posisikan gambar atau dokumen di scanner tersebut, lalu tutup kembali.
  • Silahkan buka dulu program pengolah data pada komputer atau laptop. Caranya adalah dengan klik start menu > all program > microtek > pilih microtek wizard 5.
  • Lanjutkan dengan memilih preview lalu diedit sesuai keinginan.
  • Sekarang tinggal pilih scan dan tunggu selama beberapa waktu. Setelah itu, pada layar akan muncul informasi untuk menyimpan hasil scan tersebut di tempat yang sesuai dengan keinginan.
  • Proses scan dengan software microtek sudah selesai.

Pembahasan mengenai pengertian scanner lengkap beserta fungsidan cara menggunakannya. Dengan adanya alat yang satu ini, maka akan memudahkan untuk menduplikat suatu berkas atau dokumen dengan bentuk digital yang bisa diakses dengan komputer atau laptop. 

Sumber informasi: https://gawainesia.com

About the Author: Ayu Dewe

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.