aplikasi absensi android

9 Aplikasi Absensi Android Terbaik

Aplikasi Absensi Android Terbaik – Pada era saat ini, pengolahan data berbasis internet sudah menjadi sebuah keharusan terutama bagi instansi atau pun perusahaan.

Hadirnya smartphone tentu menjadi media yang mendukung berbagai kegiatan online. Tidak terkecuali untuk aplikasi absensi android yang bisa digunakan secara online.

Para pengguna smartphone Android juga dapat menikmati fasilitas kemudahan tersebut dengan hadirnya  aplikasi absensi android terbaik.

Aplikasi Absensi Android

Dengan adanya absensi onlien tentu akan sangat mudah dilakukan dimana pun dan kapan pun termasuk di rumah saja.

Ada banyak sekali keuntungan yang didapat dibandingkan dengan cara manual, seperti lebih hemat waktu dan biaya, lebih efisien, mudah diakses dan juga data yang dapat tersimpan secara aman.

Bagi Anda pengguna smartphone Android, berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk absensi.

aplikasi absensi android

WiFi Attendance

Aplikasi absensi pertama yang wajib dicoba adalah WiFi Attendance. Dimana aplikasi ini sesuai dengan namanya yaitu dapat bekerja secara mudah dengan bantuan WiFi.

Tidak seperti lainnya, aplikasi ini bekerja tanpa dilakukan dengan menggunakan selfie ataupun GPS sehingga akan sangat mudah untuk digunakan. Selain itu dapat melakukan perekapan absen dan time tracking secara mudah.

Jibble

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, di mana aplikasi absensi Android yang satu ini mengharuskan menggunakan atau mengaktifkan GPS dan juga selfie saat melakukan check-in atau pun check out.

Formatnya yang mudah membuat siapapun dapat mengakses rekapan absensi secara lengkap.

Karena tergolong lengkap dan terpercaya membuat aplikasi ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi yakni sekitar 3 dolar per bulan.

Tidak hanya itu, Jibble juga memiliki versi profesionalnya, sehingga lebih meyakinkan dan aman.

Attendance

Aplikasi yang dapat digunakan secara gratis ini merupakan ciptaan dari Merkari. Performanya yang unggul dan fiturnya yang lengkap membuatnya menjadi aplikasi absensi yang paling banyak digunakan.

Absensi ini dilakukan dengan menggunakan GPS sehingga perusahaan dapat dengan mudah mengecek lokasi dari karyawannya di mana pun Anda berada.

Selain itu juga dilengkapi dengan fitur selfie dan juga geo tagging dalam melakukan pendataan. Geo tagging ini merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan penjadwalan berdasarkan shift kerja, sehingga akan memudahkan kembali dalam hal pemantauan dan juga perekapan.

Yang tidak tertinggal dari aplikasi ini adalah mampu mengatur kebijakannya sendiri seperti izin libur, cuti ataupun yang lainnya.

Attendance juga tidak hanya bermanfaat bagi Anda, tetapi juga karyawan yang termasuk freelance yang dapat secara mudah mengatur assign jadwal tersendiri.

Keuntungan lain dapat dengan mudah di download melalui Play Store. Namun jika menginginkan fitur yang lebih profesional dapat di downlaod di berbagai situs resmi lainnya.

Attendzone

Sama halnya dengan Jibble dan juga Attendance, Attendzone juga dengan cara absen melalui selfie.

Tidak hanya itu, tetapi juga diikuti dengan GPS untuk mengoptimasi absensi secara lebih baik. Terdapat pula notifikasi yang membantu untuk menginformasikan terkait keterlambatan dan juga kelalaian atau kelupaan tidak melakuakan absensi.

Fitur yang ada di dalamnya jauh lebih profesional, sehingga membuatnya jauh lebih baik dan memiliki nilai jual cukup tinggi.

Nilai yang harus dibayarkan perbulannya adalah 50 dollar. Namun urusan payroll, harga seperti ini sebanding dengan tampilan dan cara kerja yang memuaskan.

Tanda: Employee Time Clock

Tanda ini tidak jauh berbeda sistemnya dengan yang lainnya. Dimana mengharuskan penggunaan GPS dan selfie sebagai bentuk kehadiran.

Yang unik dari Tanda ini yaitu dapat dengan mudah untuk mengajukan cuti atau pun perizinan.

Untuk dapat mengaksesnya, hanya dengan mendownload dan menginstal lewat Play Store secara gratis dan tidak lupa untuk melakukan registrasi masuk terlebih dahulu.

Baca Juga: Aplikasi Desain Baju Terbaik

Open Time Clock

Aplikasi absensi yang tidak kalah profesional adalah Open Time Clock dimana tidak hanya digunakan untuk absensi, tetapi juga untuk pengaturan atau managemen waktu bagi karyawannya.

Selain itu juga termasuk aplikasi yang gratis digunakan tanpa jumlah batasan. Walaupun gratis tetap saja jika ingin meningkatkan performa penuh, harus dengan cara membayarnya sebesar 25 dollar per bulan.

Kodalog

Kebanyakan pengguananya adalah para siswa atau para akademisi. Namun tidak menutup pula untuk digunakan oleh para karyawan.

Selain tampilannya yang mudah untuk digunakan, aplikasi ini juga memiliki fitur timesheet yang dapat dengan mudah dimanfaatkan dengan berbagai aktifitas para karyawannya yang terdaftar.

Clockify

Aplikasi yang gratis ini memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah tidak adanya jumlah karyawan yang dapat mengakses.

Sistem pengolahan data yang standar seperti adanya fitur timetricker dan timesheet. Dalam melakukan pemantauan kerja juga dapat menggunakan fitur performance and project review.

Timestations

Aplikasi absensi Android selanjutnya adalah Timestations yang berbasis cloud. Tidak hanya mengguanakan GPS juga dilengkapi dengan sistem barcode, timetracking dan juga pengingat. Sayangnya hanya dapat digunakan dengan kapasitas 10 orang saja.

Tidak hanya itu, tetapi juga dibandrol dengan harga yang cukup tinggi yakni 20 sampai dengan 60 dollar per bulannya.

Itulah 9 aplikasi absensi Android yang dapat Anda gunakan di antara salah satunya. Mengingat absensi adalah seuatu yang sangat penting terkait kehadiran, sebaiknya pilih aplikasi yang tidak rawan eror.

Oleh karenanya, selain menyesuaikan dengan anggaran yang dirasa sesuai, ada beberapa pula hal-hal yang harus dipertimbangkan. Berikut cara memilih aplikasi absensi Android secara tepat dan cermat.

Tips Memilih Aplikasi Absensi untuk Didownload

Mudah untuk Diakses

Jika ada yang lebih mudah mengapa harus memilih yang rumit. Cara pertama yang harus dipertimbangkan adalah kemudahan akses.

Kemudahan ini meliputi berbagai media akses seperti melalui PC, website ataupun smartphone termasuk android. Sehingga kapan pun siap untuk diakses secara lancar.

Mudah untuk Dipahami

Selain mudah diakses, dalam memilih aplikasi absensi juga harus mudah untuk dipahami. Maksudnya yaitu mudah untuk mempelajari berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Sehingga dalam keadaan seperti apapun dapat digunakan secara cepat tanpa merasa kebingungan.

Apdaptif dan Lengkap

Aplikasi yang lengkap juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mengingat tidak hanya untuk absensi kehadiran namun untuk berbagai hal seperti pengaturan jadwal, izin cuti, libur dan yang lain sebagainya.

Selain lengkap juga harus adaptif yang mampu memberikan informasi yang fleksibelitas dan dengan berbagai fitur informasi sesama karyawan.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Cara memilih selanjutnya adalah pilih yang sesuai kebutuhan. Pada dasarnya, ada dua jenis sistem pengolahan data yang harus diketahui yaitu cloud storage dan on premise.

Dari sisi anggaran, Cloud storage mempunyai anggaran biaya yang praktis dan juga cukup terjangkau.

Sedangkan pada on-premise dbandrol dengan harga tinggi. Biaya tersebut tidak sebanding karena data yang ada mudah hilang dan akses terbatas.

Demikian cara yang tepat dalam memilih aplikasi absensi baik dengan Android atau sistem yang lainnya.

Sehingga semuanya diharapkan fleksibel dan dapat diakses secara mudah serta lengkap. Dan yang terpenting adalah dapat memenuhi kewajibannya sebagaimana mestinya.

About the Author: Sinta Mustika

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *